RSS

10 Muwasofat Muslim

04 May

4 May, 2013

10-muwasafat

10 Muwashofat.

Sebagai seorang Muslim dan orang tarbiyah, ada minimal 10 karakter yang harus di miliki dan di asah. Bisa dikatakan 10 sifat ini adalah sifat dasar wajib bagi orang tarbiyah. Karena ini adalah cerminan dari sifat seorang muslim yang mencontoh Rasulullah saw. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai 10 sifat tersebut

1. Salimul Aqidah

Aqidah yang bersih dan lurus. Aqidah yang dimaksud adalah aqidah yang bebas dari syirik kepada ALLAH. Aqidah yang lurus adalah aqidah yang tidak memerlukan perantara kepada ALLAH dalam beribadah. Dan jangan sampai qt menjadi orang tersesat, merasa menyembah tetapi sebenarnya dy tidak menyembah ALLAH. Seorang muslim jg dilarang untuk mensejajarkan ALLAH dgn yang lain (disebut:Thogut). Misal, ketika Allah memanggil lewat adzan, kita tidak menunda nya dgn tetap melakukan kegiatan lain misal menonton tivi. Jika memang ada kegiatan yg bersifat sangat2 mendesak, beristigfarlah dalam hati, karena kelak kita akan mempertanggung jawabkan setiap perbuatan dan tindakan kita.

2. Shohikhul Ibadah

Ibadah yang benar. Ibadah yg benar adalah sesuai dengan apa yang Rasulullah contohkan dan ada tuntunannya. Rasulullah bersabda “Sholat lah kalian sebagaimana kalian melihat aq sholat”. Ibadah yang kita lakukan jelas petunjuk nya, jelas madhzab nya, dan bukan sekedar ikut ikutan. Ibadah yang benar adalah juga ibadah yang bebas TBC. Yaitu Takhayul, Bid’ah, dan Churofat. Khurofat ialah mendatangi dukun, menggunakan jimat2 dsb nya.

3. Matinul Khuluq

Akhlak yang tangguh. Akhlak seorang tarbiah dapat dilihat bagaimana dy merespon sesuatu kejadian yg bersift spontan / tiba tiba. Misal ketika dy melihat sesuatu yang menabjubkan, kata2 apa yg akan di ucapkan. Apakah “Subhanallah, Kereenn,, Wowww” dan sbagainya. Kata kata yg keluar merupakan buah dari isi pikiran2 nya. Jika pikiran nya baik, tentu akan mengeluarkan kata2 baik pula, jika pikirannya kotor, apakah mgkn secara spontan dy akan mengucapkan kata2 baik jg?. Pikiran itu ibarat teko. Jika isi nya air putih, tentu jika dituangkan akan mengeluarkan air putih jg. Dan sangat tidak mungkin teko itu tiba2 mengeluarkan air susu, kopi, dan sebagainya.

4. Mushodaul fiqri

Berwawasan Luas. Seorang tarbiah seharusnya bs mengetahui banyak hal, walaupun tidak secara mendalam. Jadi ketika qt berbaur dengan lingkungan yang bagaimana, qt bisa ikut berbaur.  Jangan menjadi gagu, tidak nyambung, dianggap udik dsbnya karena hanya mengetahui agama saja.  Walaupun banyak yg tahu dan sedikit, tetap seorang tarbiah itu harus ada bagian tertentu yg dy perdalam, dan dy tekuni.

5. Qowiyul Jismi

Fisik yang sehat. Ibarat nya sebuah kendaraan, yang tiap hari sebelum dipakai mesti di “Panaskan” terlebih dahulu supaya lebih awet dan terawat pemakaiannya. Maka seorang manusia juga perlu melakukan pemanasan / olahraga fisik tiap pagi. Walaupun hanya 10-15 menit

6. Mujahidullinafsi

Bersungguh-sungguh melawan nafsu. Jihad yang paling susah adalah jihad melawan nafsu.  Dan jihad yang paling tinggi adalah jihad qital, yaitu jihad dalam perang. Jika kita ingin berjihad dalam berdakwah, cobalah ambil sifat seperti garam. Garam, walapun sedikit ketika dituang kedalam gelas berisi air maka air itu akan menjadi asin semua. Jika tidak bs seperti sifat nya garam, berbaurlah seperti biasa, tetapi jangan lebur.

7. Haritsun Ala waqtihi

Pandai mengelola waktu. Seperti layaknya sholat, waktu sholat tersebut adalah dengan tujuan mendisplinkan diri qt. bagaimana ketika kita akan membuat janji bertemu, kita akan melihat apakah pertemuan tersebut akan mengorbankan waktu sholat kita, atau malah membuat qt lebih mudah untuk melangkahkan kaki ke masjid dan berjamaah. Sungguh beruntung seorang muslim yang dsibukkan oleh ALLAH dengan kegiatan2 yang bermanfaat. Karena dgn nya ALLAH telah menjauhkan nya dari berbuat sia sia. Setiap letih seorang muslim yang diniatkan karena ALLAH, maka akan berguguran dosanya. Ada seorang ulama yang mengatakan, “Manusia jika tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat, SUDAH PASTI akan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

8. Munazhom fii Su’unihi

Kegiatan yang tersusun. Sudah selayaknya juga selain qt pandai mengelola waktu, kita harus pandai menyusun kegiatan kegiatan yang akan qt lakukan, agar terencana dan berjalan dengan baik. Maka penting juga bagi seorang muslim untuk mempelajari ilmu lain seperti, manajemen, berorganisasi dan sebagainya. “Kebaikan yang tidak teroganisir makan akan mudah dikalahkan oleh keburukan yang tertata rapi”

9. Qodiriun Ala kasbi

Mandiri. “Seorang muslim yang jika khawatir dengan esok hari, maka rusak lah aqidahnya.” (*Ulama garis keras). Seorang muslim harus mandiri dalam finansial, punya penghasilan. Ada sebuah kutipan dari Bang Lubis, dy mengatakan bahwa “Walaupun sy tidak punya pekerjaan tetap, tetapi sy akan tetap berusaha untuk bekerja (*berpenghasilan)”.

10. Nafi’un li ghoiri

Bermanfaat bagi orang lain. Muslim yang baik, adalah muslim yang bisa memberi manfaat bagi orang lain. Aqidah yang dipelajari bukan untuk diri sendiri, tetapi untuk didakwahkan, disampaikan, mengajak. Karena kelak nanti di akhirat nanti akan mempertanggung jawabkannya. Salah satu orang yg pertama di adili nanti adalah orang yang sholeh. Dy akan ditanya untuk apa dy menjadi sholeh, bagaimana orang sekitar nya, apakah dy telah mengajak orang sekitar nya untuk mentaati ALLAH?. Jika tidak, maka ALLAH akan memerintahkan malaikatNya untuk menyeret dengan wajah nya ke Neraka (*na’udzubillah min dzalik). ALLAH telah menyampaikan lewat RasulNya., yang kira2 sebagai berikut, “Barang siapa melapangkan urusan saudaranya, maka ALLAH akan melapangkan urusannya. Barang siapa memudahkan saudaranya menuju surga, makan ALLAH akan memudahkan nya menuju surgaNya”

Demikian lah kira kira 10 muwashofat dari seorang muslim dan seorang tarbiah.

Bertakwalah, berimanlah, dan beramal lah kamu. Biar ALLAH, Rasul Nya, dan orang orang beriman yang menjadi saksinya.”

“Tiada sesuatu yang dikumpulkan lebih baik daripada bersatunya Ilmu dan Akhlak Mulia (HR Tabrani”

“Ya ALLAH,Tambakanlah kepada kami ilmu, dan muliakanlah Akhlak kami..”

Aamiin..

#Materi Liqo

 
Leave a comment

Posted by on May 4, 2013 in Inspire

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: