RSS

Keutamaan Shalawat

09 Oct

★ KEUTAMAAN SHALAWAT ★

Bershalawat dapat mengangkat derajat serta menghapus berbagai kesalahan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw, seperti yang diriwayatkan dari Abi Thalhah al Anshari :

Suatu ketika Rasulullah saw tampak sangat bahagia. Hal ini terlihat dari gambaran raut muka beliau. Para sahabat yang melihat pada waktu itu bertanya: “wahai Rasulullah, telah tampak kegembiraan pada diri tuan seperti yang terlihat di wajah tuan, apa yang membuat tuan begitu gembira?”. Lalu Beliaupun bercerita: “ Suatu ketika aku kedatangan seseorang atas perintah Allah swt yang Maha Agung. Dia berkata: “Barang siapa yang bershalawat kepadamu dari umatmu satu kali shalawat, maka Allah swt akan memberikan/membalas kepadanya sepuluh kebaikan, dan akan menghapus darinya sepuluh kesalahan, serta akan diangkat oleh Allah swt sepuluh derajat pula”.
(HR Imam Ahmad dalam kitabnya “al Musnad” 4/29, hadits tersebut dishahihkan pula oleh Imam al-Albany. )
Dalam hadits lain seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra disebutkan pula bahwa Nabi Muhammad saw telah bersabda :

“ Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah swt akan membalasnya dengan sepuluh kali shalawat, juga akan dihapuskan atasnya sepuluh kesalahan serta akan ditinggikan derajatnya sebanyak sepuluh derajat” (HR Imam Ahmad dalam Musnad, 3/102, juga al Nasai 3/50, sesuai dengan lafadz dari padanya, serta hadits tersebut dishahihkan oleh Imam al Albany).

Sumber: Menyelami lautan shalawat, Ibnu Qayyim al Jauziyah.
★ KEUTAMAAN SHALAWAT ★

 
Leave a comment

Posted by on October 9, 2013 in Information

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: